Beranda > Straight News > Tim Seleksi Anggota KIP Aceh Jaya Belum Terpilih

Tim Seleksi Anggota KIP Aceh Jaya Belum Terpilih

22 Maret 2008

CALANG–Pemilihan umum (Pemilu) 2009 di Kabupaten Aceh Jaya terancam gagal. Pasalnya, hingga kemarin belum ada satupun tim independen pemilihan anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) yang terpilih.

Bahkan, panitia penerimaan calon tim independen mengaku sudah memperpanjang waktu pendaftaran hingga Senin (24/3) mendatang.

“Sejak tanggal 14 Maret lalu hingga hari ini (kemarin) belum ada satupun yang mendaftar,” kata ketua panitia pendaftaran tim independen, Fauzi Yahya kepada koran ini di Hotel Khana, Jumat (21/3) kemarin.

Menurut dia, memang ada peminat. Tapi, hanya berkonsultasi saja menyangkut syarat-syaratnya. “Pihak panitia sudah mengumumkan penerimaan tim independen untuk pemilihan anggota KIP. Tapi, semua peminat terbentur dengan usia,” tuturnya.

Adapun syarat yang ditentukan untuk menjaring lima orang tim independen itu adalah sarjana, surat keterangan tidak sedang terdakwa oleh pengadilan, dan pas foto. “Padahal, di kabupaten lain, saat ini sedang dalam proses pemilihan anggota KIP. Tapi, di Aceh Jaya tim independen saja belum direkrut,” tukasnya.

Kalau tim independen tidak ada, maka, jelas Fauzi, KIP juga tidak terbentuk sehingga Pemilu 2009 di Aceh Jaya terancam. Untuk mengantisipasinya, Fauzi mengatakan akan melakukan konsultasi dengan pimpinan DPRK Aceh Jaya dan pimpinan DPR Aceh dalam waktu dekat ini.

Fauzi sendiri mengatakan, dana yang tersedia di kepanitiaan sangat terbatas untuk mengumumkan penerimaan tim independen di semua media. “Tapi masukan tersebut akan di bicarakan kepada pimpinan DPRK Aceh Jaya,” imbuhnya.

Sementara itu, mantan Ketua KIP Aceh Jaya, T Asrizal mengatakan, penerimaan tim independen pemilihan anggota KIP di Aceh Jaya harus terus dilaksananakan. Pihak panitia diminta untuk memasang iklan di semua media di Aceh.

“Tidak hanya media harian. Tapi, juga media yang terbit mingguan dan bulanan. Ini menyangkut transparansi agar semua pihak terbuka untuk mendaftar sebagai Tim Independent penerimaan KIP di Aceh Jaya,” kata Ampon Zal sapaan akrabnya.

Ia meminta agar waktu penerimaan tim independen juga tidak terbatas dan harus diperpanjang terus hingga lima orang anggota tim terpilih. (fir)

Iklan
Kategori:Straight News
%d blogger menyukai ini: