Beranda > Wartawan Dilatih Cinta Lingkungan > Wartawan Dilatih Peduli Lingkungan

Wartawan Dilatih Peduli Lingkungan

By. Firman Hidayat

“Sesungguhnya tentang ciptaan langit dan bumi, pertukaran malam dan siang, kapal yang berlayar di lautan yang membawa manfaat kepada manusia, air (hujan) yang diturunkan Allah dari langit, lalu dihidupkan-Nya (karena hujan itu) bumi yang sudah mati (kering) dan berkeliaranlah berbagai bangsa binatang, dan perkisaran angin dan awan, sesungguhnya semua itu menjadi bukti kebenaran untuk orang yang mengerti”(Surah Al-Baqarah;164).

Tanggal 11 – 15 Agustus 2009 lalu, Fauna Flora International (FFI) Aceh bersama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Banda Aceh menggelar pelatihan jurnalis lingkungan yang bertemakan “Selamatkan Hutan Ulu Masen”. Dalam pelatihan itu, para jurnalis muda yang berasal dari berbagai media local dan nasional di Aceh dibekali wawasan untuk membangun masyarakat sadar informasi dan lingkungan.

Sedikitnya 19 orang wartawan muda itu diharapkan menjadi duta lingkungan dalam meningkatkan pemahaman public akan isu lingkungan dan dapat meningkatkan kualitas liputan lingkungan. Selain itu juga dapat memberikan dukungan penting kepada jurnalis dari semua media dalam upaya meliput isu lingkungan yang rumit dengan penuh tanggung jawab, sehingga dapat menyediakan layanan yang khas untuk merangsang supaya peliputan isu lingkungan kritis lebih banyak dan lebih luas cakupannya.

Beragam rangkaian kegiatan pelatihan itu digelar di lokasi yang dapat menumbuh kembangkan kesadaran wartawan tentang lingkungan. Areal hutan dan lahan perkebunan masyarakat menyelimuti keragaman aneka sumber hayati bagi kelangsungan semua makhluk hidup. Aliran air sungai yang jernih terlihat keruh karena aktifitas galian C. Pesona alam tersebut menjadi destinasi yang menarik dan menantang untuk tugas peliputan para wartawan di sekitar lokasi pelatihan.

Hujan yang rintik-rintik pada malam pelatihan itu juga kerap menimbulkan kegelisahan. Namun dengan nyaman nan sejuk para penulis itu dapat tidur pulas di dalam tenda yang sudah disediakan oleh panitia acara. Keheningan pagi membuat para peserta semakin pulas tertidur. Nyanyian burung seakan-akan membawa para peserta kembali kealam mimpinya. “Wah, suasana seperti ini bisa menganggu acara pelatihan”, ujar Hasbi, ketua panitia. Tak lama kemudian, mereka terbangun dari alam tidurnya.

Pada hari kedua acara, para peserta terlihat mulai bersahabat dengan alam dan sudah terbiasa dengan waktu. Kendatipun didalam ruang kelas para peserta terlihat menyantap dua obsesi. Sambil mendengarkan materi pelatihan yang disajikan para trainer, para peserta terobsesi dengan senam paginya gajah-gajah jinak yang berada di camp CRU Sarah Deu itu. “Wah lagi-lagi pelatihan ini harus banyak praktiknya daripada materi”, ujar salah seorang panitia acara. Para trainer sepertinya sudah terbiasa, sehingga peserta diajak untuk banyak menulis tentang alam dan keadaan disekitar lokasi.

Hari ketiga dan keempat, trainer dan peserta menjelajahi alam Ulu Masen di Kecamatan Sampoiniet, Aceh Jaya. Ada dua lokasi yang dikunjungi yaitu di Desa Masen dan Desa Krueng Ayon. Kedua desa itu memiliki pesona alam dan nilai sejarah yang berbeda terkait dengan keindahan dan keanekaragaman fauna dan flora di Ulu Masen.

Pesona alam yang indah dan parahnya kerusakan sumber daya alam sudah diperlihatkan kepada wartawan saat pelatihan itu. Masalah sepenting itu adalah menyangkut jantung atau inti kehidupan masyarakat seluruhnya di sepanjang masa. Tanah, air dan udara adalah tiang-tiang induk kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Kerusakan sumber daya alam berarti kerusakan lingkungan hidup.

Untuk menghindari lingkungan hidup dari bencana kerusakan, kiranya perlu dijalankan usaha-usaha kearah mengalihkan cara berpikir manusia dalam memperlakukan sumber daya alam bagi kelestarian serta kebahagian hidupnya sendiri.

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: